Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat 2019

Pemeritah Provinsi Jawab Barat pada tahun 2019 kembali menggelar pemberian penghargaan kepada individu atau kelompok masyarakat yang telah menghasilkan karya inovatif, prakarsa dan/atau melakukan upaya luar biasa yang nyata dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Jawa Barat.

Politeknik Pos Indonesia pada tanggal 14 Maret 2019 diundang dalam kegiatan sosialisasi Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat 2019 bersama perguruan tinggi negeri dan swasta se-Bandung Raya. Tujuan sosialisasi ini adalah memastikan kegiatan/acara Anugerah Inovasi dan Prakarsa ini setiap perguruan tinggi dapat berpartisipasi mengimkan karya atau prakarsa baik itu hasil dosen, mahasiswa atau kelompok lainnya.

Ada dua jenis yang akan diperlombakan, yaitu inovasi dan prakarsa. Sedikit menjeleaskan perbedaan inovasi dan prakarsa yang nantinya Politeknik Pos masuk ke mana (berdasarkan hasil sosialisasi di gedung sate).

  1. Inovasi merupakan hasil karya/produk yang sudah jadi dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
  2. Prakarsa merupakan ide/gagasan yang terukur (ada dokumen perencanaan) yang sudah ada prototipe atau model dari gagasan atau ide tersebut dan belum ada manfaatnya terhadap masyarakat.

Beberapa penelitian dosen dan hasil karya mahasiswa dapat masuk pada jenis Prakarsa. Beberapa contoh produk/model/ide yang sudah menjadi juara Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat ini seperti:

  1. Aplikasi Angklung pada PC: memainkan angklung di PC atau smart phone.
  2. Kartun Budaya Sunda (Pemenang 2018): sebuah film seri (seperti ipin upin) yang mengangkat budaya sunda dengan bahasa yang digunakan adalah bahasa Sunda dan menonjolkan kebudayaan-kebudayaan pasundan.
  3. Dan lain-lain

Beberapa Tips dari tim juri dan para pemenang yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini antara lain:

  1. Memasukan unsur budaya dan teknologi
  2. Melibatkan berbagai unsur masyarakat (lebih bagus ada MoU)
  3. Ada dampak terhadap masyarakat dari karya atau gagasan tsb.
  4. Berbasis ekonomi kreatif.

Dari gambaran diatas, Prodi dapat mendorong untuk berpartisipasi mengirimkan baik inovasi atau prakarsa untuk tahun ini atau mempersiapkan untuk tahun depan. Adapaun Jadwal kegiatan terdekat adalah Pendaftaran yang akan dibuka dari tanggal 7 April – 20 Mei 2019.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi LPPM Politeknik Pos Indonesia, dan dapat mengakses http://jabarprov.go.id untuk update informasi. Berikut informasi seputar Anugerah ini, dari mulai tanggal penting, penghargaan, dll.