Penjajakan Desa Binaan untuk PKM

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau PKM adalah salah satu tugas Tridarma dosen yang wajib dilakukan oleh setiap dosen di perguruan tinggi. LPPM merupakan salah satu lembaga penelitian dan pengabdian untuk menjebatani kegiatan PKM dosen di Politeknik Pos Indonesia. Tahun ini LPPM melakukan penjajakan desa binaan untuk kegiatan PKM yang disesuaikan dengan kebutuhan desa tersebut.

Di awal kegiatan Program Desa Binaan ini, pada tanggal 22 Februari 2019 LPPM membidik 2 desa di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Desa Wangunharja dan Suntenjaya yang merupakan desa yang diprioritaskan oleh Pemkab untuk menjadi desa wisata dan memiliki potensi yang dapat dikembangkan menjadi desa mandiri.

Di Desa Suntenjaya, misalnya terdapat banyak potensi seperti industri pengolahan kopi, peternakan sapi, pengolahan limbah sapi yang dimanfaatkan untuk rumah tangga menjadi bio gas, dan banyak lagi yang lainnya. Selain itu terdapat kelompok tani, karang taruna, dan lainnya. Di Desa Wangunharja tidak kalah menarik dengan adanya pengembangan Bumdes (BUMN Desa), desa wisata, UMKM dan lainnya.

Hasil dari kegiatan ini adalah telah disepakati untuk melakukan kerjasama antara LPPM Politeknik Pos Indonesia dan Desa Binaan yang nantinya akan dipetakan kebutuhan desa untuk dijembantani kebutuhan desa dalam pengembangan sumber daya manusia dan memaksimalkan potensi desa tersebut kedepannya.

Kegiatan di Desa Suntenjaya

Kegiatan di Desa Wangunharja