Sejarah


Politeknik Pos Indonesia merupakan institusi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia pada tanggal 5 Juli 2001 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 56/D/0/2001. Yang mempunyai kegiatan melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Pemberian ijin pendirian Politeknik Pos Indonesia adalah pada jalur Diploma III untuk jurusan Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Akuntansi, Pemasaran dan Logistik Bisnis.

Bersamaan dengan berdirinya Politeknik Pos Indonesia, di dalam organisasinya terdapat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) yang bertugas menangani penelitian, pengabdian serta pelatihan untuk meningkatkan dan menjaga kemampuan profesionalitas keahlian yang tinggi dan berkualitas bagi dosen dan mahasiswa yang ada di Politeknik Pos Indonesia khususnya.

Bidang penelitian menurut sumber dananya terdapat 2 jenis yaitu penelitian eksternal dan penelitian internal. Pada bagian internal penelitian perlu dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kemampuan profesionalitas keahlian yang tinggi dan berkualitas bagi dosen dan mahasiswa yang ada di Politeknik Pos Indonesia. Sedangkan pada bagian eksternal terbentuknya kerjasama antar lembaga dan industri. Pada bidang pengadian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan, seminar dan kegiatan lain sejenis adalah dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya yang ada di masyarakat dan industri khususnya bidang usaha kecil dan menengah sebagai peran serta dari Politeknik Pos indonesia.

Program Pelatihan yang dilakukan di LPPM Poltekpos dilaksanakan guna memenuhi Standar Kompetensi Kerja bidang Logistik, Akuntansi, Manajemen Pemasaran dan Telematika di BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Politeknik Pos Indonesia.